Printer POS

5 Alasan Printer Thermal Lebih Baik Dari Dot Matrix

Printer thermal telah menjadi penyedia standar dalam system POS, khususnya dalam bisnis restoran sangat jarang menemukan tempat yang tidak menggunakan printer ini. Bagi kebanyakan printer thermal harganya memang lebih mahal, kertas thermal pun juga jauh lebih mahal dibandingkan printer dot matrik, tapi untuk soal kehandalan pinter thermal jauh lebih unggul.

  1.       Kecepatan

Printer thermal mempunyai tingkat kecepatan yang luar biasa jika dibandingkan dengan printer dot matrik. Perbandingannya printer dot matrik akan mencetak sekitar 3 baris per detik tetapi untuk printer thermal dapat menghasilkan 20 baris perdetik.

  1.       Kualitas cetakan

Printer thermal menghasilkan gambar yang lebih baik jika dibandingkan dengan printer dot matrik. Nama “Dot Matrik” menjelaskan perbedaan utama antara penerapan dari dua terknologi yang berbeda.

Dot matrik menghasilkan cetakan berdasarkan pertemuan antara pita ribbon dengan 8 kabel kecil yang sejajar di kepala dot. Kepala dot berjalan horizontal melalui pita ribbon dan dot tersebut berfungsi seperti martil yang menghentakan pita ribbon ke atas kertas. Jika diperhatikan lebih teliti maka akan terlihat kepala dot yang kecil dan berfungsi untuk mengasilkan cetakan huruf diatas kertas.

  1.       Gambar logo

Printer dot matrik tidak dapat mencetak gambar logo dalam kertas tetapi printer thermal tidak hanya bias mencetak logo melainkan dapat dengan mudah mendownload gambar detail yang akan disimpan di RAM.

  1.       Kemampuan

MTBF berarti ”Mean Time Between Failure” merupakan standar untuk mengukur waktu rata-rata kegagalan untuk setiap alat. Dalam kasus printer itu adalah baik rata-rata jumlah baris dicetak sebelum terjadi kegagalan atau kaki rata-rata kertas yang dapat dicetak sebelum kegagalan terjadi. Dalam hal ini printer thermal mengungguli saingannya, di beberapa kemampuan printer thermal yang lebih unggul dibandingkan dengan lainnya tetapi printer dot matrik tidak mempunyai ketahana seperti printer thermal.

  1.       Biaya perawatan

Untuk membandingkan biaya perawatan antara printer thermal dengan printer dot matrix termasuk biaya perbaikan memang harga kertas printer thermal lebih mahal dibandingkan dengan dot matrik tetapi untuk penggantian pita ribbon untuk printer dot matrik jauh lebih mahak ketimbang membeli kertas thermal.

Ketika biaya perbaikan dan biaya perawatan bekala printer dot matrik ditambahkan maka akan jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan printer thermal.

Kami merupakan salah satu penyedia kedua jenis pinter tersebut dan mencoba untuk merubah persepsi akan mahalnya printer thermal. Di axopos.com Kami menawarkan harga printer thermal jauh lebih murah dibandingkan dot matrix, oleh karena itu buat apa ragu untuk memakan printer thermal.

Leave a Reply