Point Of Sale

Apakah Desinfektan Menyebabkan Peralatan Kasir Retak?

Bagi Anda yang sering memakai peralatan kasir terutama barcode scanner pasti sudah tidak asing lagi melihat perlatan Anda kotor karena seringnya terpakai, dan Anda terfikir untuk membersihkan peralatan tersebut agar bersih dilihat. Pada umumnya alat yang digunakan untuk membersihkan adalah desinfektan, tapi apakah desinfektan tersebut dapat menyebabkan peralatan Anda rusak atau retak?

Peralatan kasir seperti barcode scanner umumnya terbuat dari plastic yang berbahan armorf, plasik ini termasuk polycarbonate/acrylonitrilebutadiene-stirena (PC / ABS), pemilihan plastic ini karena mereka mudah dproduksi. Selain itu plastic ini mempunyai struktur longgar dan lebih mudah diolah dengan menggunakan bahan kimia.

Penggunaan pembersih kimia yang berulang kali seperti yang direkomendasikan oleh CDC walaupun dilakukan untuk mengendalikan infeksi dapat menyebabkan perubahan warna, keretakan karet, sampai kerusakan. Ketika perangkat sudah retak maka dapat menyebabkan kosleting listrik sampai dapat mengakibatkan terbakarnya perangkat tersebut.

Jika Anda ingin membersihkan peralatan Anda sebaiknya menggunakan peralatan yang direncang khusus untuk membersihkan secara berulang tetapi tidak merusak peralatan. Sebaiknya Anda bertanya apakah pembersih tersebut ada label “Disinfectant Ready Plastics” yang dapat menjaga agar bahan kimia tersebut tidak merusak peralatan Anda.

Leave a Reply