Point Of Sale

Bagaimana Memilih Sistem POS Untuk Restoran?

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis, terutama dalam bidang jasa seperti restoran biasanya masih ragu memilih untuk menerapkan system POS yang tepat, karena dalam system POS terdapat berbagai pilihan yang disediakan untuk beragam kategori bisnis yang banyak ditekuni masyarakat. Memilih system POS sangat tergantung dengan konsep bisnis restoran yang akan Anda dirikan, ada tahap-tahap yang harus diperhitungkan sebelum memutuskan akan memakai POS system diantaranya adalah:

Berapa Banyak POS Station yang harus digunakan?

Ada beberapa pertimbangan sebelum memutuskan akan memakai berapa banyak POS station dalam restoran Anda, seperti:

  1.   Perhitungkan waktu peak season

            Anda harus memikirkan restoran saat peak season atau ketika pelanggan sedang ramai pada waktu-waktu tertentu, jika tidak                                         diperhitungkan sebelumnya maka Anda akan kewalahan saat pengunjung ramai.

  1.  Jumlah pramusaji yang memerima orderan

           Sebaiknya setiap pramusaji memegang tiga sampai lima orderan dalam satu POS stationnya, untuk mereka yang berbisnis bar ataupun café               yang ramai disarankan untuk memakai POS station yang dikhususkan untuk system bar. Tak sedikit pula pramusaji yang masih bingung                     dengan pemakaian POS station, karena mereka mengira bahwa POS station hanya sebagai kasir padahal system ini bisa digunakan untuk                   mengorder pesanan.

  1.  Tata layout/bentuk restoran

Tata letak menentukan dimana POS station harus diletakan, station POS harus ditempatkan pada tempat yang fleksibel bagi server atau pramusaji.

  1.   Tata letak Cashier

Jika Anda akan meletakan cashier di depan maka sebaiknya harus mempunyai dua cashier untuk mempercepat transaksi pembayaran, terutama jika pelanggan sedang ramai.

Pemakaian computer POS jenis apa yang lebih baik

  1.    Desktop (Komputer Dekstop Standar)

Merupakan produk yang paling mahal dibandingkan jenis lainnya

Bisa menghemat ruang, karena dapat diletakan dibawah meja dan dilapisi kaca

Lebih fleksibel ketika ada penambahan port

CPU lebih cepat

Layar dan computer terpisah sehingga jika terjadi kerusakan mudah diperbaiki

  1.   Small Form Factor (SFF) lebih kecil dari desktop

Lebih stylist dibandingkan desktop

Lebih menghemat ruang karena lebih kecil

Lebih sulit untuk diupgade

CPU lebih cepat dan memori lebih banyak

Layar dan computer terpisah sehingga jika terjadi kerusakan mudah diperbaiki

  1.   All in one (gabungan touchscreen dan komputer)

Pilihan yang paling stylist dan tidak membutuhkan ruangan yang luas serta tidak banyak kabel yang digunakan

Port nya cukup untuk semua instalasi

Kecepatan CPU nya lebih lambat dibandingkan yang lain tetapi cukup untuk system POS

Layar dan computer dalam satu unit

Mesin EDC

Menggunakan mesin EDC tak hanya memudahkan pelanggan dalam membayar transaksi tetapi juga dapat menyimpan setiap transaksi penjualan Anda, selain itu mesin ini dapat mempercepat pembayaran sehingga menguntungkan kedua belah pihak

Kitchen Bar/kitchen printer

Satu kitchen printer mungkin cukup buat restoran sederhana tetapi jika sudah menjadi restoran besar dimana setiap dapur memasak makanan berbeda mungkin Anda akan memikirkan untuk mempunyai satu kitchern bar di setiap dapurnya. Kami merekomendasikan untuk memakai printer dot matrix karena hasilnya lebih jelas, sedangkan jika memakai printer thermal hasilnya tidak akan terbaca jika terkena panas.

Haruskah memakai computer back office?

Jika restoran Anda sudah cukup besar, sebuah computer back office memungkinkan manager melihat dan mengatur kinerja karyawanya, selain itu manager juga dapat mengatur system perubahan menu, memeriksa tingkat persediaan, membuat laporan, menyesuaikan waktu serta kinerja bawahanya tanpa mengganggu kinerja mereka.

Tinggalkan Balasan