Barcode

Cara Menguji Barcode

Setelah mendesain dan mencetak barcode, hal yang sebaiknya dilakukan adalah menguji barcode tersebut, apakah barcode tersebut berfungsi dengan baik atau tidak. Alasan utama untuk menguji barcode adalah jika barcode yang telah Anda buat tidak berfungsi dengan baik maka hal tesebut akan menjadi masalah dan bisa menyebabkan kerugian yang besar.

Barcode memegang peranan penting dalam persediaan produk retail dan dapat digunakan untuk melacak penyebaran berbagai produk Anda, karena barcode tersebut dapat terhubung dalam proses manufaktur, sistem keamanan, perangkat kontrol akses, sistem identifikasi dan banyak aplikasi lainnya, sehingga jika barcode tersebut tidak berfungsi dengan baik maka akan merepotkan berbagai pihak.

Barcode scanner tidak dapat dipakai untuk menguji barcode karena alat tersebut hanya dirancang untuk membaca kode dan setiap barcode scanner mempunyai cara yang berbeda dalam mendeteksi barcode, ada yang memiliki sensor lebih peka dalam mendeteksi barcode ada pula yang memakai sensor biasa, jadi menguji barcode menggunakan barcode scanner sangat tidak dianjurkan.

Untuk menguji barcode, dibutuhkan alat yang dapat mendeteksi dan mengukur kualitas pada gambar dalam barcode, pada umumnya disebut verifier. Dengan menggunakan alat pengukur refleksi dan kekontrasan warna Anda dapat mengetahui seberapa akurat jika keduanya dipadukan sehingga dapat menghasilkan gambar dan data produk tersebut. Gambaran tersebut mencakup ukuran panjang maupun lebar dan seberapa relative kedua hal tersebut bagi yang lainnya.

Barcode Verifier tersebut biasa disebut dengan Standar ISO/IEC 15416 Bar Code Print Quality Test Specifications, hanya dengan verifikator ini, Anda dapat mengetahui kualitas barcode yang dapat berubah selama poses mencetak. Alat ini juga dapa memastikan bahwa nomor-nomor yang dikodekan pada produk tersebut diwakili oleh barcode secara benar.

Proses verifikasi dilakukan sebelum barcode dicetak pada kemasan secara massal, selain itu barcode verifier juga dapat menyesuaikan waktu dan perlatan yang digunakan untuk mencetak barcode sehingga Anda tidak perlu ragu terhadap kualitas dari barcode yang sudah dicetak.

 

Tinggalkan Balasan