Point Of Sale

Cash Register Dan POS

Walaupun penggunaan cash register saat ini dinilai mulai tergusur dengan adanya system POS yang jauh lebih memudahkan dan lebih lengkap fitur yang dimilikinya. Tetapi bukan berarti semua pihak langsung mengganti cash register dengan mesin POS, banyak alasan mengapa masih ada pebisnis yang menggunakan mesin cash register untuk mempermudah transaksinya.

Cash register merupakan piranti elektronik yang didesain khusus untuk mempermudah transaksi penjualan dan menyimpan data dari transaksi tersebut, pada awalnya mesin ini seperti mesin penjumlah atau kalkulator dan terdapat alat yang akan berbunyi “klik” ketika kasir menekan tombol di akhir transaksi. Mesin ini juga akan secara otomatis membuka laci ketika data transaksi telah terekam dan selain itu hanya pemilik dari cash register tersebut yang dapat membukanya dengan kunci khusus.

Cash register saat ini sudah mengalami perkembangan, sudah ada yang dilengkapi dengan barcode scanner yang berfungsi untuk menscan code dari setiap produk dan mengetahui harganya. Mesin ini terhubung ke computer yang mencatat semua transaksi pembelian, pajak, pengeluaran serta stok dari produk yang dijual. lihat mesin kasir cash register

Perusahan retail yang masih berkembang biasanya menggunakan mesin cash register dan menghitung transaksi secara manual, karena pada umumnya mereka hanya membutuhkan pencatatan transaksi secara sederhana seperti pencatatan keluar masuknya uang. Tetapi bagi perusahaan besar, transaksi mereka sudah jauh lebih rumit sehingga membutuhkan system POS yang terhubung ke unit pengelolaan data pusat dimana semua data dan transaksi penjualan terekam didalamnya.

System POS sendiri adalah system yang terdiri dari system hardware dan software yang dapat diintergrasikan dengan alat pendukung sehingga transaksi dapat berjalan cepat dan praktis. POS ini juga telah dilengkapi dengan system pelaporan managemen yang terintergrasi dengan baik.

Dari penjelasan tersebut seolah mesin cash register dan POS adalah sama tetapi pada dasarnya terdapat perbedaan yang mencolok yaitu mesin POS lebih mengacu pada penggunaan teknologi lebih lanjut, sedangkan cash register hanya seperangkat alat elektronik yang mempunyai kemampuan transaksi harian sederhana dengan penggunaan POS  dengan system terbatas.  lihat printer kasir dan POS

Tinggalkan Balasan