Point Of Sale

Lima Tanda Harus Mengupgrade Sistem POS

Point of Sales (POS) merupakan system hardware dan software yang digunakan pebisnis untuk memudahkan proses penjualan dan mendata hasil pembayaran dari konsumen. Saat ini system POS telah mengalami perkembangan, salah satunya adalah dengan system fitur tambahan yang dapat menginput data, mengelola persediaan , mengetahui kehadiran staf, faktur cetak, dan proses laporan.

Jika Anda sudah lama berbisnis dan masih menggunakan system POS jenis lama dan ingin mengetahui apakah system Anda sudah out of date ini tandanya:

  1.       Masih menggunakan kertas karbon untuk pembayaran kredit card

Meskipun metode tersebut telah menjadi standar pada masanya tetapi saat ini kenyamanan dan keamanan yang dibutuhkan, jika ada kesalahan atau kegagalan dalam transaksi maka Anda harus mencari catatan pembayaran tersebut dan jika cetakan transaksi tersebut hilang maka Anda tak hanya kehilangan uang tersebut tetapi data konsumen akan tercecer.

  1.       Ada bunyi dial ketika memproses pembayaran kartu kredit

Jika Anda masih menggunakan alat pembayaran kartu kredit yang masih tersambung dengan line telephone maka harus dipisah antara line pembayaran dengan line telephone dan saat ini hal tersebut sudah tidak diperlukan dalam bisnis karena mengeluarkan biaya tambahan dan tidak efisien, saat ini alat pembayaran kartu kredit sudah terhubung secar online sehingga line telephone sudah sebaiknya ditinggalkan.

  1.       Banyak Antrian Saat Membayar

Faktanya ketika banyak yang mengantri  di cashier berarti proses pembayaran yang Anda berikan lamban, karena jika Anda memeriksa pembelian lebih dari 10 menit maka Anda harus mempercepat dan mengefisienkan lagi cara Anda dalam melayani konsumen. Saat ini system POS sudah dapat memproses pembayaran dengan system cepat, selain itu dapat juga mengetahui inventaris Anda, mengetahui informasi pelanggan, dan sudah terintegrasi dengan sistem akuntansi sehingga membuat pekerjaan karyawan Anda lebih mudah.

  1.       Masih menggunakan invoice

Jika bisnis Anda sangat mobile maka menggunakan mobile payment adalah jawabanya karena dapat terintergrasi dengan handphone dan smartphone Anda, maka system tersebut dapat memudahkan Anda karena tidak memerlukan invoice dan data pembelian otomatis telah tercatat.

  1.       Masih memakai cek dan tunai

Bagi Anda yang berbisnis saat ini kebutuhan akan medsin pembayaran kartu kredit adalah mutlak, karena pelanggan mayoritas sudah ketergantungan dengan kartu kredit atupun debit sehingga jika Anda tidak menyediakan mesin tersebut maka akan kehilangan beberapa persen pendapatan setelah dikalkulasikan. Saat ini biaya mengaktifkan alat pembayaran tersebut bisa dikatakan murah bahkan ada yang gratis.

Tinggalkan Balasan