Barcode

Penggunaan Barcode Scanner Untuk Donor Darah

Penggunaan Barcode Scanner saat ini memang sudah mengalami perkembangan, tak hanya digunakan pada bidang industri saja, baru-baru ini sebuah pusat lembaga donor darah di Rusia memanfaatkan teknologi yang dimiliki barcode scanner untuk membantu mereka dalam mengontrol proses donor darah termasuk di transportasi dan penyimpanan agar dilakukan dengan benar, selain itu juga barcode scanner dapat menjamin bahwa penggunaan komponen darah maupun persiapan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Salah satu kegiatan penting dalam donor darah adalah mengumpulkan data mengenai pendonor, asisten medis harus memasukan informasi yang akurat mengenai pendonor, kuantitas dan kualitas darah yang dikumpulkan dalam database elektronik. Pada masa lalu proses ini dilakukan dengan cara manual dan terpisah antara satu lembaga dengan lembaga lainnya, namun untuk menjamin kualitas pelayanan diseluruh negeri, Dinas Darah Nasional Rusia menetapkan bahwa informasi ini harus terintegrasi bagi seluruh lembaga donor darah dan otomatisasi system harus dibangun untuk membentuk system kerja yang terkontrol.

Oleh karena itu mereka melakukan pengembangan dalam teknologi yang mendukung rencana tersebut dan direkomendasikan agar menggunakan barcode scanner untuk digunakan pada semua workstation Nasional Pelayanan Darah di semua lini. Semua di data dalam system seperti pendaftaran anggota baru, masalah plasma darah sampai pemilihan darah untuk pasien, selain kinerja lebih efisien dan ketelitian yang baik barcode scanner sangat membantu proses tersebut dan yang paling menarik minat lembaga tersebut adalah karena teknologi pencitraan yang unik untuk pengambilan gambar dan kemampuan mengumpulkan data pada setiap sudut scan.  

Karena kinerja barcode tersebut semua data dimasukan ke dalam database elektronik tunggal, proses inventarisasi dan pelacakan bahan donor terjadi secara real time sehingga memungkinkan interaksi cepat antara fasilitas transfusi darah dan rumah sakit. Selain itu, barcode scanner juga secara akurat dapat mengidentifikasi wadah darah dan mengasosiasikan mereka dengan para donor mereka. Pelacakan transportasi darah dilakukan dengan membaca label khusus yang berisi informasi tentang golongan darah dan nomor seri sumbangan.

Tinggalkan Balasan